Thursday

TELNET



Telnet (Tele Network) adalah suatu terminal yang dapat digunakan untuk mengakses resource yang ada di komputer server. Adapun untuk mengakses komputer server tersebut kita dapat menggunakan beberapa tools yang sudah disediakan (missal : putty, winscp, winftp dan lain – lain), atau dapat juga menggunakan terminal yang sudah disediakan oleh Windows.
Telnet artinya Remote Login yang dapat terjadi di internet karena ada service dari protocol telnet. Dengan telnet memungkinkan kita untuk mengakses komputer lain secara remote melalui internet. Dalam bahasa yang mudah, kita dapat memberikan perintah kepada komputer lain baik dalam membuat file, mengedit, menghapus dan menjalankan suatu perintah hanya melalui komputer didepan meja kita. 



Cara penggunaan telnet sangat mudah, kita ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system. Jika sudah tersambung berarti sudah berada diterminal pada komputer jarak jauh tersebut sehingga bisa berinteraksi dengan program yang tersedia. Untuk mengakhiri Telnet ketik Quit atau Exit, pada beberapa system menggunakan bye atau off. Bila menggunakan Windows tergantung program yang digunakan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails